Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula
Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula
Belajar Microsoft Excel
2007
|
Baiklah sebelum memulai tutorial
Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap kali ini, pastinya Anda
sudah Belajar Komputer terlebih dahulu dan tidak ada salahnya Anda mengetahui
terlebih dahulu apa sebenarnya Microsoft Excel yang mungkin sudah Anda sering
dengar dan tidak asing di telinga Anda. Tanpa harus panjang lebar mari Kita
kupas rahasia belajar Microsoft Excel baik
2003, 2007, 2010 maupun 2013
Sejarah Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft
membuat sebuah program spreadsheet yang
disebut dengan Multiplan, yang sangat populer
dalam sistem operasi CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana
sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan
sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan,
seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do
it better" melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan
lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis
untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi
2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program
spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis
MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar
program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan
pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi
ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan
bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan
keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan
versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2013,
sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya,
Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang
industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki
nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan
kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft
Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian,
dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari
perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja
tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL
sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon
yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut
(meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari
spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003)
adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx
yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang
lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak
keunggulan antar muka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang
mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak
spreadsheet yang terkenal pertama kali), Sel disusun dalam baris dan kolom,
serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau
referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program
spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana
tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting seperti font, atribut karakter,
dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap
sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja
yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan
menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna).
Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke
dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan
antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk
mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi
aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah
memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat
menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan
juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna UDF (User Defined Functions) untuk digunakan di dalam
worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah IDE (Integrated development environment) untuk bahasa
VBA (Visual Basic Aplication) untuk Excel, sehingga
memudahkan programmeruntuk melakukan pembuatan
program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan
oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi
beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat
di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA
juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi
VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga
mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA
Fungsi automatisasi yang
disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro.
Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para
pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan
virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga
mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan
menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika
mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro
yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.
Versi Microsoft Excel dari Awal
Sampai Sekarang
Tabel Versi Microsoft Excel
Tahun
|
Versi
Excel
|
Sistem operasi
|
Versi Microsoft Office
|
1985
|
Excel 1.0
|
Apple Macintosh klasik
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1987
|
Excel 2.0 for Windows
|
Microsoft Windows 2.0
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1988
|
Excel 1.5
|
Apple Macintosh klasik
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1989
|
Excel 2.2
|
Apple Macintosh klasik
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1989
|
Excel 2.2
|
IBM OS/2
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1990
|
Excel 3.0
|
Microsoft Windows 3.0
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1990
|
Excel 3.0
|
Apple Macintosh
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1991
|
Excel 3.0
|
IBM OS/2
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1992
|
Excel 4.0
|
Microsoft Windows
3.0 dan Windows 3.1
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1992
|
Excel 4.0
|
Apple Macintosh
|
Tidak
ada Microsoft Office
|
1993
|
Excel 5.0
|
Windows 3.0, Windows
3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya
versi 32-bit)
|
Microsoft Office 4.2 dan
Office 4.3
|
1993
|
Excel 5.0
|
Apple Macintosh
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1995
|
Excel 7 for Windows 95
|
Windows
95 dan Windows NT 3.1/3.50
|
Microsoft Office 95
|
1997
|
Excel 97 (Excel 8)
|
Windows 95, Windows NT 3.51/Windows
NT 4.0
|
Microsoft Office 97
|
1998
|
Excel 8.0
|
Apple Macintosh
|
Microsoft Office '98 for
Macintosh
|
1999
|
Excel 2000 (Excel 9)
|
Windows 98, Windows
Me, Windows 2000
|
Microsoft Office 2000
|
2000
|
Excel 9.0
|
Apple Macintosh
|
Microsoft Office 2001 for Macintosh
|
2001
|
Excel 2002 (Excel 10)
|
Windows 98, Windows
Me, Windows 2000, Windows XP
|
Microsoft Office XP
|
2001
|
Excel 10.0
|
Apple Macintosh OS X
|
Microsoft Office v. X
|
2003
|
Excel 2003 (Excel 11)
|
Windows 2000 (Service Pack
3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows
Server 2008
|
Microsoft Office System 2003
|
2004
|
Excel 11.0
|
Apple Macintosh OS X
|
Microsoft Office 2004 for
Macintosh
|
2007
|
Excel 2007 (Excel 12)
|
Microsoft Windows
XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows
Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows
Server 2008.
|
Microsoft Office System 2007
|
2010
|
Excel 2010 (Excel 14)
|
Windows 7 Windows Vista (dengan Service Pack 2), Microsoft Windows
XP, Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2, dan Windows 8
|
Microsoft Office 2010
|
2013
|
Excel 2013 (Excel 15)
|
Windows 7 Windows Server 2008 R2 Windows Server 2012, dan Windows
8
|
Microsoft Office 2013 &
Office 365
|
Format atau Extensi File
Microsoft Excel
Dari pertama kali dirilis, Excel
menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File
Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft
merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format
berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML
yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002.
Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML
yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis
BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga
mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK
(SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di
antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan
Quattro Pro.
Berikut ini adalah
beberapa ekstensi Microsoft Excel :
·
*.xls
, merupakan format default Microsoft Excel
sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlt
, merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.XML
, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak
mampu menampung macro VBA.
·
*.xla
, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih
berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah
untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
·
*.xlsx
, merupakan format default worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA,
karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah
arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang
terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls
yang kuno.
·
*.xlsm
, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12,
yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlsb
, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12,
yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini
memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan
dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang
sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
·
*.xltm
, merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA.
Merupakan pengganti dari format*.xlt
.
·
*.xlam
, merupakan format untuk Excel Add-in untuk
menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu
menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan
kemampuan Excel.
Memulai Microsoft Excel
Untuk memulai menggunakan
aplikasi Microsoft Excel, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan diantaranya
adalah sebagai berikut :
Cara Pertama
- Nyalakan Komputer terlebih dahulu
- Klik tombol Start pada Taskbar
Komputer
- Pilih menu All Program, Pilih
Microsoft Office
- Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Cara Kedua
- Nyalakan Komputer terlebih
dahulu
- Double Klik icon Microsoft Excel 2007
yang ada pada Desktop Komputer Anda.
Cara Ketiga
- Nyalakan Komputer terlebih
dahulu
- Tekan kombinasi tombol Windows
(bendera di pojok kiri bawah) dan tombol R secara bersamaan (Wndows+R),
maka akan muncul kotak dialog kecil di pojok kiri bawah.
- Ketikkan Excel kemudian tekan tombol
Enter.
Anda bebas memilih cara memulai Microsoft Excel
diatas sesuai dengan selera Anda, yang terpenting adalah tindakan selanjutnya
setelah Anda Belajar Microsoft Excel Untuk
Pemula ini apa yang akan Anda
lakukan, apakah Anda akan benar-benar mempelajari Rumus Microsoft Excel atau hanya sekedar tau
kemudian Anda tutup kembali Aplikasi Microsoft Excel 2007 Anda, semua kembali
kepada Anda.
Lembar Kerja Microsoft Excel
Untuk bekerja secara optimal
dalam Microsoft Excel, anda harus mengenal lebih terdahulu lingkungan kerjanya
sehingga hasil yang diharapkan memuaskan. Apabila anda telah berhasil
menjalankan Microsoft Excel seperti langkah-langkah diatas, maka Anda akan
melihat tampilan seperti berikut.
Lembar Kerja
Microsoft Excel 2007
|
BAGIAN
|
PENJELASAN
|
Judul Window
|
Judul window (window title) terletak pada baris paling atas, yang menampilkan tulisan
Microsoft Excel dan nama Workbook yang sedang aktif.
|
Office Button
|
Fitur yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi
menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri
atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti Finish, Publish. Incpect
Document.
|
Tab Sistem Menu
|
Sistem menu (menu system) merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk
melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
|
Ribbon
|
berisi perintah-perintah khusus yang
merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.
|
Penggulung Sheet
|
Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan
penggulung sheet. Ada 2 macam penggulungsheet, yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihatsheet yang panjang ke bawah, dan
penggulung horisontal (horizontal scroll bar)
untuk menampilkan data yang melebar ke samping.
|
Baris Formula
|
Baris formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi, yaitu :
· Pada kotak paling kiri (name box) menampilkan
informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range
· Tanda sama dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk
memperbaiki formula (rumus)
· Informasi paling kanan menampilkan isi dari suatu sel
yang sedang
|
Judul Kolom
|
Judul kolom (column heading) merupakan nama
kolom yang dimulai dari huruf A, B, C sampai Z kemudian sampai IV dengan
total jumlah kolom sebanyak 256 (28) kolom.
|
Nomor Baris
|
Nomor baris (row number) dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.
|
Baris Status
|
Baris status (status bar), menampilkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan yang
sedang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard.
|
Tab Sheet
|
Standarnya (default), Microsoft Excel menyediakan 3 sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar kerja), sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku kerja).
|
Penunjuk Sel
|
Penunjuk sel (sel pointer) digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu
aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan
perhitungan dan sebagainya.
|
Tipe Data Microsoft Excel
Secara umum, Microsoft Office Excel membagi tipe data menjadi 3,
yaitu label, numerik dan formula, perhatikan tabel berikut ini.
Tipe Data Microsoft
Excel
|
Label :
|
Atau string sering juga
disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya menerangkan data numerik dan
formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke dalam data bertipe label,
demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan dihitung seperti nomor
telepon.
|
Numerik :
|
Data yang hanya terdiri dari
angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data tipe ini dapat dihitung,
misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan sebagainya.
|
Formula :
|
Merupakan perintah untuk
melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan rumus. Misalnya
untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.
|
Untuk
mempermudah penjelasannya, silahkan perhatikan gambar diatas, tulisan Panjang, Lebar dan Total yang berada
pada sel A3, dan A4 merupakan data bertipe
label. Sementara angka 6 (nilai panjang) dan 5 (nilai
lebar) adalah data bertipe numerik. Angka 30 (nilai total) merupakan hasil
perkalian dari panjang dan lebar (nilai B3 kali nilai B4). Data terakhir
ini beritipe formula. Nah sekarang sudah tau bedanya kan, mana
tipe data yang menggunakan Label,
Numerik dan Formula.
Mengenal
Fungsi atau Rumus Microsoft Excel
Setelah
mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai
menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang
sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.
1. Fungsi
Average
Fungsi ini
digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1,
number2,…), dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai
rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai
G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
2. Fungsi Sum
Fungsi SUM
digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suaturange. Bentuk
umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana
number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya
untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8)
kemudian tekan tombol Enter.
3. Fungsi Max
Fungsi ini
digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1,
number2,…), dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik)
yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal
dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan
tombol Enter.
4. Fungsi Min
Fungsi Min
adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi
atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari
sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MIN(number1,
number2,…), dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik)
yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari
nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya
adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
5. Fungsi
Count
Fungsi Count
digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang
kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1,
number2,…), dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik)
yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung
jmlah data dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah
=COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
6. Fungsi
Logika IF
Fungsi ini
digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika
nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya
fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika (logical_test)
bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan
dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang
akan dilaksanakan. Perhatikan contoh berikut:
Contoh logika IF
|
Kolom
keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K, maka
keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini dapat
diselesaikan dengan rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”). Pada
rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus
diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh
menggunakan tanda kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa
kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak
perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah
kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))),
hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan
ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT
MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka
bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”. Nah sekarang sudah
paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan
deh supaya tidak lupa.
Cara Menulis Rumus
Excel
Setelah
mengenal beberapa rumus excel yang sering digunakan untuk administrasi diatas,
maka sekarang Kita bahas cara menuliskan rumus excel di area lembar kerja.
Cara 1:
Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil
rumus akan ditampilkan
- Pada formula bar, ketikkan =
5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau
rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.
Cara 2:
Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil
rumus ditampilkan
- Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu
tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat
jika datanya sering berubah.
Cara 3:
Menulis rumus dengan bantuan mouse
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil
rumus akan ditampilkan
- Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
- Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
- Tekan tombol enter
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat
dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.
Operator
Matematika yang Sering Digunakan
Rumus
merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan
dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi.
Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah sebagai
berikut:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses
perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini,
dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-).
Jika pekerjaan Anda adalah berhubungan dengan data statistik, maka Anda akan
sering menjumpai operator-operator matematika diatas.
Cara Keluar dari
lembar kerja Microsoft Excel 2007
Bila Anda
sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar dari Microsoft
Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close atau dengan
mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar. Akan tetapi jangan
lupa untuk menyimpan terlebih dahulu pekerjaan Anda dengan menekan icon Save
pada toolbar atau kombinasi tombol CTRL + S. Jangan lupa simak
terus update mengenai tutorial belajar excel pada postingan nanti ya
kawan.
Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, jika Anda mau untuk serius dalam belajar, pastinya Microsoft Excel bukan sesuatu yang menakutkan dan jika anda mau rutin dalam berlatih, maka bisa dipastikan anda juga pasti mahir dalam microsoft excel.
Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, jika Anda mau untuk serius dalam belajar, pastinya Microsoft Excel bukan sesuatu yang menakutkan dan jika anda mau rutin dalam berlatih, maka bisa dipastikan anda juga pasti mahir dalam microsoft excel.
Komentar
Posting Komentar